Tabligh Akbar Ustadz Fadlan Garamatan

Tanggal: 8 Maret 2019

Waktu: 15:00-18:00

Lokasi: Masjid Raya Al-Falah Sragen

Jalan dakwah adalan jalan yang sering ditempuh para nabi dan ulama dari zaman terdahulu. Jalan yang mengajak manusia kepada kebaikan, kepada hukum Allah, dan kepada ketaatan dan mengesakan Allah semata.

Untuk menyegarkan kita akan pentingnya dakwah ini, besok pagi Masjid Raya Al-Falah Sragan akan mengadakan kajian dengan judul Bahagia di Jalan Dakwah, dengan pemateri yang sudah tidak diragukan lagi kiprah dakwahnya di bumi Papua, yaitu Ustadz Fdlam Garamatan.

Masjid Raya Al Falah - Tabligh Akbar Ustadz Fadlam Garamatan
Tabligh Akbar Ustadz Fadlam Garamatan

Sekilas Ustadz Fadlan Garamatan

Bagi yang belum kenal dengan beliau, beliau adalah salah satu da’i favorit Ustadz Abodul Shomad lho. Kok bisa? Ya bisa, karena UAS menilai Ustadz Fadlan lebih keren dari dirinya sendiri yang sehari-hari berdakwah di kalangan umat muslim, mereka yang tiap hari sudah baca tulis Al Qur’an. Di lain sisi Ustadz Fadlan berdakwah di tengah masyarakat Papua yang belum memeluk Islam, bahkan ada yang cara hidupnya masih bisa dibilang lebih tertinggal dari penduduk Indonesia lainnya.

Beliau dikenal sebagai Da’i Sabun, karena dakwah yang beliau laksanakan menggunakan metode pengenalan kebersihan sebagaimana ajaran Islam menjaga kebersihan. Dalam mengajarkan kebersihan inilah sabun dan sampo diperkenalkan kepada masyarakat suku pedalaman yang awalnya jarang mandi.

Alih-alih untuk mandi yang bersih, para misionaris mengajarkan mereka untuk mandi harus dengan minyak babi, dan hanya berpakaian Koteka dengan dalih melestarikan adat. Tentunya mandi dengan minyak babi ini memberatkan, jadinya ya mereka tidak pernah mandi.

Selain itu, masih ada berbagai hal yang tidak logis dan memberatkan lainnya yang berkembang dari ajaran yang salah di kalangan suku ini sebelum dakwah Islam menghampiri mereka.

Alhamdulillah, dakwah sabun ustadz Fadlan telah mengantarkan mereka kepada jalan hidup yang lebih baik. Sebagaimana firman Allah dalam Surah Al Baqarah 257.

Allah pelindung orang yang beriman. Dia mengeluarkan mereka dari kegelapan kepada cahaya (iman). Dan orang-orang yang kafir, pelindung-pelindungnya adalah setan, yang mengeluarkan mereka dari cahaya kepada kegelapan

%d blogger menyukai ini: