Masjid Cash On Delivery (COD)

diterbitkan oleh dalam

MASJIDRAYALAFALAH.OR.ID – Di era ini, perkembangan teknologi dan arus informasi berkembang sangat pesat, sehingga perubahan sosial bergerak lebih cepat dibandingkan apa yang diprediksi manusia. Keterbukaan informasi dan aksebilitas manusia terhadap kebutuhan hidup sangat mudah didapatkan. Pada sisi lain, teknologi telah menunjukkan kepada manusia bahwa perkara sulit menjadi mudah, yang mahal menjadi murah, yang jauh menjadi dekat, pekerjaan yang berat menjadi ringan karena digantikan oleh artificial inteligent.

Penemuan aplikasi dan inovasi berkomunikasi menjadikan hubungan manusia menjadi simpel, efektif dan efisien. Hal ini merubah watak manusia pada generasi milenial bahwa sebuah transaksi jual beli tidak harus terjadi di sebuah toko, pun memesan aneka layanan konsumen tidak harus datang ketemu dengan penjual.

Fenomena Ghost kitchen dengan cepat menggerus pakemnya bisnis kuliner ala restoran, tanpa konsumen perlu tahu bagaimana dan dimana masakan itu diolah, yang penting konsumen mendapatkan layanan makanan antar cepat.

Kini, seorang pebisnis star up tidak harus memiliki outlet yang besar, modal yang cukup banyak atau karyawan dengan jumlah banyak sehingga bisa meminimalisir Cost produksi. Pada sisi lain, bagaimana menumbuhkan kepercayaan customer yang akan dibidik menjadi pelanggan setia.

Masjid sebagai central ibadah masyarakat memiliki nilai yang besar dalam membangun peradaban umat. Tempat ini juga merupakan bumi Allah yang paling diberkahi. Dengan segala fasilitas dan resource yang ada, yakni tempat ibadah, toilet, rest area, taman parkir, kemanan dan pirantinya tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk melakukan transaksi jual beli ala COD (Cash on Delivery).

Andaikan setiap masjid yang berada di tempat-tempat strategis menyediakan fasilitas meja COD (meja, kursi dan tenda), hal ini akan sangat berdampak positif bagi pemakmuran masjid maupun keberkahan transaksinya itu. Terlebih, di atas meja COD itu disediakan di tempat yang asri, aman dan fasilitas jajanan serta minuman maka masyarakat akan berbondong-bondong memanfaatkan fasilitas itu.

Satu hal yang menjadi added value (nilai tambah) dalam transaksi COD di area masjid adalah tulisan doa yang diletakkan di meja itu sebagai berikut :

اللهم بارك لنا في تجارتنا

Allahumma Barik Lana Fi Tijarotina

Artinya : “Ya Allah, berkahilah perniagaan kami”

Selamat mencoba..!

Lutfanudin
Abdi dalem masjid raya Al-falah Sragen 

Tinggalkan komentar

three × five =

%d blogger menyukai ini: