Nggendong Sekolah

Oleh dalam

Oleh: Annas Sayyidina
(Pengampu TPA Masjid Raya Al Falah Sragen)

Laqod kana lakum fi Rasulillahi uswatun hasanah … (Al Ahzab: 21)

Potongan ayat diatas mengisyaratkan agar kita meneladani Rasulullah. Karena pada diri Rasulullah terdapat contoh terbaik. Jika ingin sukses dunia akhirat maka syarat mutlak kita harus meneladani beliau. Hal tsb berlaku juga dalam hal lainnya. Jika ingin pintar maka teladani cara orang pintar. Jika ingin jadi ulama, maka tirulah jalan hidup ulama. Termasuk saat belajar Sirah, agar ada teladan yang diambil orang orang sesudahnya. Pun hal nya Al Qur’an terdapat banyak ayat yang berupa kisah umat sebelumnya.

Dalam dunia bisnis, ada istilah ATM, yang merupakan kependekan dari Amati, Tiru, Modifikasi. Salah satu Jalan untuk sukses adalah dengan meniru/meneladani Jalan orang yg telah sukses. Kita Tiru dan Modifikasi sesuai dengan situasi dan kondisi lingkungan kita.

Ada juga istilah ATP, Amati Tiru Plek. Meniru dengan persis. Sama. Tanpa banyak berkreasi. Ini juga bisa, tergantung sikonnya.

Nggendong sekolah

Istilah ini pertama kali Penulis dengar dari K.H. Abdullah Afandi, M. Ag (Ketua PDM Sragen). Suatu konsep pendampingan sekolah untuk meningkatkan “Daya Tarik dan Daya Saing” suatu sekolah dengan didampingi sekolah yg lebih maju. Sekolah yang dianggap sudah maju di anggap bisa “ngangkat” bagi sekolah yang akan dikembangkan. Ibarat menjadi kakak yang membimbing adiknya agar bisa sukses. Mendampingi sekolah lain agar meningkatkan “Daya tarik dan Daya saing” sekolah tersebut.

SD Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen baru saja mendapat amanah dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah Sragen untuk nggendong MI Muhammadiyah Jambangan-Mondokan. Mendampingi salah MI Muhammadiyah yang terletak diujung utara Kab.Sragen.

Pendampingan bermula sebelum Tahun Ajaran baru. Dimulai dengan Kegiatan Pekan Anak Shalih Shalihah yang berisi lomba bagi santri TK/RA sekitarnya. Alhamdulillah tak kurang dari 100 santri TK/RA yang ikut berpartisipasi.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan Bakti Sosial kepada warga dhuafa sekitar Madrasah. Sebanyak 200 paket bantuan dari Keluarga SD Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen disalurkan melalui MIM Jambangan.

Memasuki Tahun Ajaran Baru ini SD Birrul terus berkomitment untuk mendampangi MIM Jambangan. Mohon do’a restu dari seluruh warga agar berjalan lancar. Agar MI Muhammadiyah Jambangan terus berkembang. Ikut andil dalam Mewujudkan Generasi Taqwa, Cerdas dan Mandiri. Khususnya bagi masyarakat Mondokan.

Akhirnya, semoga MIM Jambangan dapat bersinar menyinari bumi Jambangan. Layaknya Sang Surya menyinari bumi.

Tinggalkan komentar

19 − 15 =

%d blogger menyukai ini: